KAMPUNG LITERASI DOLLY JILID II: PENGUATAN POTENSI MENULIS BAGI REMAJA DI KAWASAN BUDAYA KELURAHAN PUTAT JAYA

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan dari tahun sebelumnya di Putat Jaya. Kegiatan yang dilakukan antara lain pendampingan penulisan cerpen untuk remaja di RW 3, SMA Antartika, SMK Antartika, SMK Bahrul Ulum. Artikel cerpen yang ditulis remaja-remaja tersebut kemudian dilombakan dan dibukukan untuk artikel terseleksi.

MENGEMBANGKAN KAMPUNG LITERASI ITS

DI 5 TBM SEKITAR ITS SEBAGAI LABORATORIUM PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT

Pengabdian ini mencoba mengawinkan ide pembiasan dan pembisaan melalui aktifitas membaca dengan konsep belajar sepanjang sepanjang hayat. Masyarakat dan keluarga menjadi lembaga yang akan dipilih sebagai institusi yang akan menginisiasi terwujudnya pembiasaan dan pembisaan tersebut. Secara konkrit, pengabdian ini diarahkan untuk memberdayakan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang akan dijadikan sebuah laboratorium dimana di tempat ini segala macam bentuk perlakuan atau uji coba untuk meningkatkan kebiasaan dan kebisaan membaca menjadi bagian hidup masyarakat dan keluarga dari sebuah lingkungan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain revitalisasi TBM dan kegiatan literasi anak. Revitalisasi dilakukan dengan pemberian sumbangan untuk TBM (buku, papan tulis, dll), sedangkan kegiatan literasi anak seperti pendampingan mendengar cerita, membaca nyaring, bercerita, menulis, dan membuat mading oleh anak usia TK hingga sekolah dasar. Hasil tulisan kemudian dilombakan dan yang terseleksi mendapatkan hadiah dari sponsor pada saat Open House Perpustakaan ITS serta dibukukan.

Sebagai bentuk konstribusi dan tanggung jawab institusi terhadap masyarakat di sekitar kampus, lokasi yang dipilih oleh tim Pengabdian Masyarakat kali ini yaitu: